Minggu , Maret 24 2019
Home / NEWS / Lokal / Kabar Desa / Juara Lain Dunia

Juara Lain Dunia

…karena apapun, akhir penuh kemenangan kejayaan menutup semua perih segala susah…

PSKM Kaliwedi, PSK Mandiri Kaliwedi, PS Karya Mandiri Kaliwedi, terlepas dari sebutan sebuah nama tidaklah terlalu menjadi masalah, karena hasil yang gemilang lebih menjadi sorotan tolak ukur keberhasilan. Beragam cara meraihnya juga tidaklah menjadi soal jika hasil maksimal. Namun kontroversi, beda pendapat tetaplah wajar, asal bijak dalam menyikapinya. Nama yang baik cara yang cerdas elegan menjadi penyempurna kejayaan.

12208310_1036405309714277_3597308411971839806_nBerbekal tekad membawa nama Desa Kaliwedi terkenal dan berjaya, PS Karya Mandiri Desa Kaliwedi, memenuhi undangan panitia turnamen Kades Cup II di Desa Kalisalak. Turnamen yang cukup bergengsi di lingkup Kecamatan Kebasen, yang memasuki penyelenggaraan tahun kedua. Persiapan berlangsung cukup lama, latih tanding beberapa kali dilakukan. Dan semua itu akan dibuktikan di lapangan.

PSKM Kaliwedi VS PS Pegalongan, 1-0

Senin (16/11) menjadi laga pembuka bagi PSKM Kaliwedi, melawan PS Pegalongan. PSKM Kaliwedi memakai kostum biru kombinasi putih kuning, PS Pegalongan memakai seragam jingga hitam. Laga sengit langsung tersaji, jual beli serangan tak terelakkan. Tapi lambat laun PSKM Kaliwedi menemukan ritme permainan. Penguasaan bola leluasa dimainkan oleh anak-anak PSKM Kaliwedi. Dan yang ditunggu pun tiba, gol pembuka menjadikan skor 1-0 untuk kemenangan PSKM Kaliwedi. Merasa tersengat oleh gol lawan, PS Pegalongan mencoba bangkit. Tapi teriakan dukungan dari pendukung PSKM Kaliwedi menjadikan segalanya sulit, beberapa kesalahan umpan kerap terjadi. Jelas dukungan yang mengintimidasi lawan menjadikan PSKM Kaliwedi seperti di atas angin, terbukti ada pemain lawan yang terpancing emosi. Walaupun sempat mencoba bangkit di babak kedua, tapi pertahanan PSKM Kaliwedi tetap solid. Dan pertandingan pun ditutup dengan kemenangan 1-0, cukup untuk mengantarkan PSKM Kaliwedi maju keperempat final.

CIMG8972
PSKM Kaliwedi VS PS Kedungrandu, 2-1

Sepertinya kabar tentang keberhasilan PSKM Kaliwedi menang di laga pertama menjadikan antusias pendukung menjadi-jadi. Perpaduan permainan cantik dan cerdik serta dukungan meriah yang militan, menjadikan tribun penonton penuh sesak. PSKM Kaliwedi dilaga kedua atau perempat final, Sabtu (21/11) melawan PS Kedungrandu. Seperti laga pertama, dominasi permainan tetap milik PSKM Kaliwedi. Berkali-kali mendapat peluang emas, tapi selalu gagal dikonversi menjadi gol. Keadaan ini cerdik dimanfaatkan PS Kedungrandu, serangan balik cepata gagal diantisipasi para pemain PSKM Kaliwedi, gol pun tercipta, babak pertama ditutup untuk keunggulan  PS Kedungrandu. Keadaan semakin genting, gawat untuk PSKM Kaliwedi, sampai pertengahan babak kedua keadaan masih tertinggal. Tapi semangat para pendukung tidaklah menurun, bahkan semakin kuat, semakin semangat. Teror dan intimidasi melalui sorak sorai pendukung sangat terasa. Penjaga gawang PS Kedungrandu disebelah utara panen intimidasi. Segalanya serba salah, setiap gerakan selalu mendapat sorakan, bahkan cacian. Dan dukungan penonton serta serangan yang bertubi-tubi menghasilkan gol kemenangan, dua gol dicetak dalam waktu lima menit diujung babak kedua. Semi final pun mantap digenggam. Walaupun ada sedikit protes dari PS Kedungrandu yang sampai menghentikan laga, tapi keputusan panitia tetaplah PSKM Kaliwedi pemenangnya.

CIMG9052
Semifinal, PSKM Kaliwedi VS PS Karangsari, 3-0

Optimisme di semifinal membuncah, pendukung pun semakin semangat tambah semarak. Selasa (24/11), tangga menuju juara harus diraih, melawan PS Karangsari yang diisi beberapa pemain andalan tarkam dan keberhasilan mereka mengalahkan tuan rumah PS Garuda Jaya Kalisalak menjadikan PSKM Kaliwedi berbenah. Target kemenangan besar dicanangkan, dominasi harus berlanjut. Benar saja, semua pemain PSKM Kaliwedi sangat bersemangat. Permainan sangat dominan, sangat mudah memainkan bola. hampir sepanjang laga pertahanan PS Karangsari dikurung. Tak kurang dari tiga peluang emas oleh Trisno dari PSKM Kaliwedi didapat, sayang penyelesaian masih nihil. Pemain lain pun tak kalah banyak mendapat peluang. Tapi CIMG9075pertahanan PS Karangsari rupanya cukup padu, solid. Keadaan itu tidak berlangsung lama, gol siluman tercipta. Gol yang cukup aneh, bola masuk tapi melewati jaring. Bola lolos karena jaring yang robek. Menjadikan penonton terlambat dalam bersorak. Setelah gol pembuka, semuanya menjadi lebih mudah. Tambahan gol pun terjadi, skor 2-0 menutup babak pertama. Sementara itu di tribun penonton sebelah timur tempat pendukung PSKM Kaliwedi berada, berpesta. Sorak sorai semakin membahana kala smoke bomb dinyalakan. Keyakinan melaju semifinal merasuki semuanya. Pemain dan pendukung optimis masuk final. Dan dominasi dilaga itu disempurnakan dengan gol ketiga dibabak kedua. Puluhan peluang dan dominasi permainan menjadikan PSKM Kaliwedi sangat layak diunggulkan menjuarai turnamen kali ini.

CIMG9131
Final, PSKM Kaliwedi VS PS Kenar Kebasen, 2-0

Hari penentuan tiba, Kamis (26/11), diawali hujan yang cukup lebat tidak mengurangi antusiasme pendukung dan penonton menyaksikan laga final. Harga tiket Rp. 8.000,- rasanya sebanding dengan permainan yang akan tersaji. PSKM Kaliwedi kali ini akan melawan PS Kenar Kebasen, perang bintang layak disematkan untuk laga final kali ini. Beberapa pemain transferan dari Persibas mengisi posisi line up PS Kenar Kebasen, hal yang tidak berbeda dari PSKM Kaliwedi, beberapa bintang yang pernah merumput bersama PSCS Cilacap, Persibat Batang maupun Persibangga Purbalingga mantap membela panji PSKM Kaliwedi. Menjadikan gengsi final naik kelas. Turnamen antar kampung yang diisi para pemain liga Indonesia.

CIMG9161Gerimis yang mewarnai sepanjang laga tak mengurangi serunya partai final ini. Jual beli serangan kerap terjadi. Pendukung dan penonton meluap, memenuhi sampai tepi lapangan. Dua pendukung sama kuat, kali ini dominasi pendukung PSKM Kaliwedi disamai oleh pendukung PS Kenar Kebasen, yang juga pendukung Persibas Banyumas. Tapi perang sebenarnya adalah dilapangan. Sepanjang laga kedua tim kerap peragakan sepakbola indah, permainan umpan pendek cepat kombinasi tusukan sayap silih berganti tersaji. Kedua penjaga gawang pun berjibaku mengamankan gawangnya. Tapi kecerdikan dan keberuntungan menjadi milik PSKM Kaliwedi, dua gol cantik menjadi pembeda di laga ini. Kemenangan sempurna 2-0 menjadikan PSKM Kaliwedi juara tahun ini.

CIMG9140

Setelah bertahun-tahun tidak juara, nama Desa Kaliwedi akhirnya berjaya. Terakhir Persega Gandasuli yang pernah menyicipi manisnya juara di desa tetangga. Tak pelak, pesta kemenangan dirayakan meriah oleh semua pemain dan pendukung. Konvoi kemenangan memenuhi jalan-jalan sepanjang menuju pulang ke Desa Kaliwedi. Semua pengorbanan terbayar lunas. Tidak terlalu masalah jika pengeluaran tenaga dan materi cukup banyak untuk meraih juara, karena kemenangan kejayaan dan nama CIMG9172baik adalah segalanya. Semangat juara ini sudah selayaknya menjadi pembangkit pemicu perbaikan di desa Kaliwedi, khususnya sepakbola. Sudah terlalu banyak contoh dampak negatif jika kita mengedepankan ego, memperbesar perbedaan tanpa kompromi menyatukan tekad kebersamaan. Perbedaan pandangan tentang strategi permainan maupun siapa pemain yang bermain adalah wajar, menjadikan tujuan bersama untuk maju, maju untuk bersama lebih yang utama.

CIMG9192Biarpun dominasi pemain transferan dari luar desa Kaliwedi sangat kentara, tapi kebanggaan tetaplah ada. Kesadaran bahwa tidak semua desa semua tim bisa mendatangkan pemain bintang pemain mahal, adalah sedikit diantaranya. Transfer strategi permainan dan ilmunya menjadi keuntungan lainnya. Sekelas klub Intermilan di Italia saja pernah memainkan laga yang kesemuanya merupakan pemain luar Italia. Tapi jelas kesempurnaan kejayaan akan lebih terasa jika semua unsur dan faktor menuju juara diraih dengan tangan sendiri tenaga sendiri.

12294833_111367009231703_8553235639313503308_nKedepan harus lebih dimusyawarahkan, ditegaskan, dipersatukan. Pembinaan bibit-bibit lokal menjadi tanggung jawab bersama. Gembleng fisik dan mental dalam laga latih tanding maupun ikut turnamen harus disusun dan didukung semua pihak. Dan sekedar pendapat, untuk tim/klub bola yang membawa nama Desa Kaliwedi jika mengikuti turnamen mungkin boleh ambil pemain transferan dari luar desa, dan untuk yang membawa nama Desa Kaliwedi sebagai Timnas, alangkah baiknya membawa pemain lokal seluruhnya, kecuali untuk tenaga pelatih/official. Pendapat itu tentunya perlu diskusi mendalam, yang jelas sikap bijak dan saling menghargai pendapat menjadi modal utama membahasnya.

Dan kemenangan adalah tetap kemenangan, sejarah berulang, sejarah tercipta. Pembuatan lapangan baru, kultur sepakbola yang kuat di Desa Kaliwedi, dan dukungan dari semua pihak menjadi kesempatan yang luas didepan kita menunggu untuk pembuktian yang lebih nyata. Hanya jago kandang ataukah lantang meraung di sarang lawan. Juara di lain dunia.

About imexa

Check Also

Bersatunya Tiga Unsur

…kerjasama yang dibarengi sama-sama kerja menjadi syarat utama maju bangkit bersama… Kalisalak (11/12/2016) Seakan anak …

4 comments

  1. I am only writing to let you know what a outstanding discovery my princess had viewing your webblog. She even learned too many issues, including how it is like to have an excellent coaching heart to let other folks clearly fully understand chosen tricky subject matter. You actually did more than visitors’ expectations. Many thanks for supplying those valuable, dependable, informative and as well as unique tips about this topic to Sandra.

  2. I enjoy you because of your own work on this site. My mum loves making time for internet research and it’s really easy to see why. Many of us notice all regarding the lively way you create powerful suggestions through your web site and even cause participation from other individuals on that theme so our favorite child is without a doubt understanding a lot. Have fun with the remaining portion of the year. You are always performing a really good job.

  3. My spouse and i ended up being so satisfied when Ervin could carry out his web research through the entire ideas he had from your own web page. It is now and again perplexing just to happen to be handing out guidance that many people today have been selling. And we figure out we now have you to give thanks to for this. The main illustrations you have made, the straightforward web site navigation, the relationships your site assist to promote – it’s everything awesome, and it is facilitating our son in addition to us feel that this situation is amusing, and that is quite serious. Many thanks for all!

  4. I am just writing to make you know of the extraordinary discovery our child obtained visiting your web page. She picked up too many things, which included how it is like to possess a great coaching style to have the rest with no trouble master certain problematic subject areas. You really did more than my expected results. Many thanks for imparting the invaluable, trusted, edifying and cool tips on your topic to Kate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close