Rabu , Oktober 23 2019

Hidup Segan Mati Enggan

…perjuangan, menjadi indah terdengar, menggetarkan hati, mengobarkan nyali. Tapi saat perjuangan menemui titik ironi, perjuangan yang sesungguhnya baru dimulai. Dan sedikit sentuhan kepedulian akan bangkitkan yang mati, bangun tegak berdiri…

DSC01365Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan potensi ekonomi sosial budaya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang. Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART-nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda pemudi berusia mulai dari 11 – 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 – 35 tahun. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

DSC06931Sungguh Karang Taruna memiliki visi misi dan fungsi yang sangat mulia dan diakui resmi negara. Pemuda yang merupakan ujung tombak pembangunan, pemberdayaan suatu negara perlu wadah yang tepat untuk menampung dan menyalurkan semangat perjuangan dalam membantu membangun negara. Menyadari pentingnya hal tersebut, Pemerintah Desa Kaliwedi membentuk kepengurusan Karang Taruna tingkat desa yang bernama Permata Sari 08, yang dikukuhkan dengan SK Kepala Desa nomor 440/03/Skep/II/2012 dengan lama masa bakti tahun 2012-2015. Waktu berlalu, beberapa kegiatan yang sempat Karang Taruna Permata Sari 08 ikut andil didalamnya antara lain penyerahan bantuan sosial,donor darah, bazar, kerja bakti, maupun beberapa kali menjadi panitia HUT Republik Indonesia maupun peringatan hari besar keagamaan. Walaupun kegiatan Karang Taruna di Desa Kaliwedi terkesan hanya muncul di waktu tertentu, tapi sejatinya pertemuan pengurus walaupun tidak terlalu resmi rutin dilaksanakan.

DSC07865 Perjalanankepengurusan sempat mengalami pasang surut, puncaknya saat tahun 2013 dengan alasan kesibukan yang meningkat, ketua Karang Taruna, Ahmad Mualif (34) mengundurkan diri, digantikan oleh Zaki. Tapi kondisi menjadi kurang kondusif. Dan karena pengurus baru belum dibuatkan SK maka untuk melanjutkan perjuangan, pengurus lama yang masa baktinya belum selesai kembali bertugas seperti biasa, ketua kembali Ahmad Mualif. Pasang surut yang mewarnai perjalanan Karang Taruna Permata Sari 08 Desa Kaliwedi. Beberapa pertemuan yang berusaha untuk menarik anggota baru pun sempat terlaksana, tapi kondisi atau karakter sebagian pemuda yang kurang suka terikat dalam organisasi resmi menjadi penghalang, pengurus yang aktif pun menjadi sangat terbatas, kurang dari 15 orang.

CIMG0161Makin kesini kondisi Karang Taruna Permata Sari 08 makin memprihatinkan, pengurus aktif paling tinggal 5 orang itupun sudah termasuk senior yang lebih banyak sibuk dengan urusannya masing-masing. Namun kondisi ini tetaplah disyukuri, banyak dilain desa bahkan kepengurusan tidak ada. Beruntung jika ada kegiatan, pengurus yang lain masih bisa dan mau untuk ikut serta, beberapa tahun terakhir kegiatan tingkat desa sukses digelar, sedikit banyak atas andil kerja keras anggota Karang Taruna.

DSC01701Memasuki tahun 2016 kondisi makin tidak jelas, SK yang sudah berakhir menjadi salah satu faktor kegamangan pengurus untuk mengadakan suatu kegiatan. Suntikan dana yang beberapa tahun diberikan oleh Pemerintah Desa untuk tahun 2015 belum diberikan. Beberapa kali sempat bertukar kata, tentang kondisi ini. Tapi kesibukan Pemerintah Desa yang makin meningkat menjadi maklum yang harus diterima, bahwa prioritas sekarang adalah pembangunan desa. Pembentukan pengurus baru menunggu waktu yang tepat. Keadaan yang melelahkan. Niat beberapa pengurus senior untuk mundur dan digantikan darah muda yang baru belum terlaksana.

CIMG7054Menyikapi keadaan yang ada, Senin (18/04/2016) bertempat di rumah ketua Karang Taruna, Ahmad Mualif, diadakan rapat pengurus, yang hadir hanya 8 orang dari undangan sekitar 15 orang. Beberapa informasi tersampaikan, terpilihnya dua anggota Karang Taruna Permata Sari 08 Desa Kaliwedi sebagai pengurus tingkat kecamatan menjadi pembuka, Deni Bonero sebagai wakil ketua, dan Gotlem Suhendra seksi olahraga. Beberapa informasi kemasyarakatan terkini pun menjadi bahan diskusi. Rencana menyambut bulan Ramadhan dan HUT RI sempat dibahas, tapi keputusan untuk menunggu instruksi dari pemerintah desa menjadi pilihan yang diambil, peran maupun tugas yang akan diberikan akan siap dilaksanakan, jika pun tidak dibutuhkan pun tiada soal. Informasi tentang rencana pelantikan pengurus IPNU/IPPNU tingkat Desa Kaliwedi tanggal 8 Mei 2016 pun dirembug. Dan yang menjadi penutup adalah bahasan tentang lebih mengoptimalkan mendukung dan mengembangkan desa lewat dunia maya. Gerakan untuk mencintai dan mengeksplorasi sudut-sudut Desa Kaliwedi menjadi hal yang patut dan mungkin dikembangkan, digerakkkan. Mungkin melalui gerakan exploreXWD yang bisa tiap minggu beberapa anggota Karang Taruna berkeliling melihat potensi Desa Kaliwedi lebih dekat. Gerakan yang mencari dan menghimpun anggota untuk menyatukan hobi, minat dan sempat gaungkan lika-liku seluk beluk Kaliwedi di dunia maya, dengan mengunggah, menulis beritanya.

CIMG8084Sebagaimana perjalanan, lika liku naik turun perjalanan pengalaman harusnya menjadi hikmah yang berharga. Perjuangan tidak harus terkungkung wadah, maupun aturan. Kebebasan berekspresi yang bertanggung jawab menjadi perjuangan minimal yang dapat dilakukan pribadi. Tidak merusak bahkan memperbaiki menjadi tingkatan perjuangan selanjutnya, perjuangan menjaga melestarikan hal yang lebih sulit kedepannya. Biarpun kadang terkekang, seakan hidup segan mati enggan, maju kena mundur kena, tetaplah semangat perjuangan menuju yang lebih baik harus dijaga. Kritik, rasa kurang senang terhadap usaha kita menjadi pengingat, bahwa kita masih menjadi manusia, yang tidak bisa menyenangkan semua pihak memuaskan segalanya.

Lambang KARANG TARUNA “PERMATA SARI 08”

logo karang tarunaLambang Karang Taruna mengandung unsur-unsur sekuntum bunga teratai yang mulai mekar, dua helai pita terpampang dibagian atas, bawah, sebuah lingkaran, dengan bunga Teratai Mekar sebagai latar belakang. Keseluruhan lambang tersebut mengandung makna:

  1. Bunga Teratai yang mulai mekar melambangkan unsur remaja yang dijiwai semangat kemasyarakatan (sosial).
  2. Empat helai Daun Bunga dibagian bawah, melambangkan keempat fungsi Karang Taruna yaitu:
  3. Memupuk kreativitas untuk belajar bertanggung jawab;
  4. Membina kegiatan-kegiatan sosial, rekreatif, edukatif, ekonomis produktif,, kegiatan lainnya yang praktis;
  5. Mengembangkan, mewujudkan harapan serta cita-cita anak, remaja melalui bimbingan interaksi yang dilaksanakan baik secara individual maupun kelompok;
  6. Menanamkan pengertian, kesadaran, memasyarakatkan penghayatan, pengamalan Pancasila.
  7. Tujuh helai Daun Bunga bagian atas melambangkan Tujuh unsur kepribadian yang harus dimiliki oleh anak, remaja:
  • Taat : Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Tanggap : Penuh perhatian, peka terhadap masalah;
  • Tanggon : Kuat, daya tahan fisik, mental;
  • Tandas : Tegas, pasti, tidak ragu, teguh pendirian;
  • Tangkas : Sigap, gesit, cepat bergerak, dinamis;
  • Trampil : Mampu berkreasi, berkarya praktis;
  • Tulus : Sederhana, ikhlas, rela memberi, jujur.
  1. Pita dibagian bawah bertuliskan Karang Taruna mengandung arti:
    1. Putih : Kesucian, tidak tercela, tidak ternoda.
    2. Merah : Keberanian, sabar, tenang, dapat mengendalikan diri,
    3. Karang : pekarangan, halaman, atau tempat;Secara keseluruhan berarti tempat atau Wadah Pembinaan Remaja
      1. Pita dibagian atas bertuliskan ADITYA KARYA MAHATVA YODHA yang berarti:
      1. ADITYA : Cerdas, penuh pengalaman.
      2. KARYA : Pekerjaan.
      3. MAHATVA : Terhormat, berbudi luhur.
      4. YODHA : Pejuang, patriot.

      Secara keseluruhan berarti Pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan, terampil.

      1. Lingkaran menggambarkan sebuah tameng, sebagai lambang Ketahanan Nasional.
      1. Bunga Teratai yang mekar berdaun lima helai melambangkan lingkungan kehidupan masyarakat yang sejahtera merata berlandaskan Pancasila.
    4. Taruna : remaja
      1. Arti warna:

    tekad pantang mundur.

    1. Kuning : Keagungan atas keluhuran budi pekerti.

About imexa

Check Also

Memilih Diantara Pilihan

…hal yang dirasa buruk akan semakin buruk jika dihadapi dengan yang kurang baik, sebaliknya hal …

3 comments

  1. I have to show my thanks to the writer just for bailing me out of this type of problem. Because of surfing around throughout the world wide web and seeing ideas which were not productive, I assumed my entire life was over. Being alive minus the strategies to the difficulties you’ve resolved through your short article is a crucial case, as well as the ones that might have negatively affected my career if I hadn’t noticed your blog. The training and kindness in dealing with every aspect was precious. I’m not sure what I would’ve done if I hadn’t come across such a thing like this. I am able to at this time look ahead to my future. Thanks so much for your professional and amazing guide. I will not think twice to refer your site to anybody who would like tips about this area.

  2. I intended to create you that tiny observation to finally say thanks the moment again on your amazing principles you’ve discussed on this site. It’s simply wonderfully generous with you to present unhampered all that most people could have distributed for an ebook to get some cash for their own end, chiefly since you might well have tried it if you wanted. The tricks likewise acted to be a good way to comprehend other individuals have the identical fervor the same as mine to figure out lots more with regard to this matter. I’m certain there are lots of more fun times ahead for folks who read through your blog post.

  3. I wanted to develop a quick remark to appreciate you for all the amazing tricks you are showing at this site. My time consuming internet look up has at the end of the day been recognized with sensible suggestions to go over with my good friends. I ‘d assume that many of us visitors actually are very fortunate to live in a decent community with many wonderful individuals with great points. I feel extremely blessed to have encountered your entire site and look forward to some more entertaining minutes reading here. Thanks a lot again for all the details.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close